Sabtu, 06 Oktober 2012

Tabung Pitot



Prinsip Bernoulli
Prinsip Bernoulli adalah sebuah istilah di dalam mekanika fluida yang menyatakan bahwa pada suatu aliran fluida, peningkatan pada kecepatan fluida akan menimbulkan penurunan tekanan pada aliran tersebut. Prinsip ini sebenarnya merupakan penyederhanaan dari Persamaan Bernoulli yang menyatakan bahwa jumlah energi pada suatu titik di dalam suatu aliran tertutup sama besarnya dengan jumlah energi di titik lain pada jalur aliran yang sama. Prinsip ini diambil dari nama ilmuwan Belanda/Swiss yang bernama Daniel Bernoulli.
Hukum Bernoulli
Dalam bentuknya yang sudah disederhanakan, secara umum terdapat dua bentuk persamaan Bernoulli
yang pertama berlaku untuk aliran tak-termampatkan atau bahasa dayaknya adalah incompressible flow, dan yang lain adalah untuk fluida termampatkan atau bahasa dayaknya adalah compressible flow.
Aliran tak termampatkan
Aliran tak-termampatkan adalah aliran fluida yang dicirikan dengan tidak berubahnya besaran kerapatan massa (densitas) dari fluida di sepanjang aliran tersebut. Contoh fluida tak-termampatkan adalah: air, berbagai jenis minyak, emulsi, dll. Bentuk Persamaan Bernoulli untuk aliran tak-termampatkan adalah :
p + ρgh + 1/2ρvkuadrat = konstan atau bisa meliat rumus – rumus dari tak termampatkan di sini
keterangan :
v = kecepatan fluida
g = percepatan gravitasi bumi
h = ketinggian relatif terhadap suatu referensi
p = tekanan fluida
ρ = densitas fluida
Persamaan di atas berlaku untuk aliran tak-termampatkan dengan asumsi-asumsi sebagai berikut:
1)Aliran bersifat tunak atau steady state
2)Tidak terdapat gesekan atau inviscid
Aliran termampatkan
Aliran termampatkan adalah aliran fluida yang dicirikan dengan berubahnya besaran kerapatan massa (densitas) dari fluida di sepanjang aliran tersebut. Contoh fluida termampatkan adalah: udara, gas alam, dll. Persamaan Bernoulli untuk aliran termampatkan bisa di lihat di sini
Penerapan Hukum Bernoulli bisa kita lihat pada :
1) tabung vintor
2) karburator
3) tabung pitot
4) penyemprot parfum dan serangga
5) gaya angkat sayap pesawat terbang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar