Rabu, 02 Januari 2013

Digital Physics Dictionary, Cara Baru Belajar Fisika

Image: corbis.com
 Salah satu cabang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), yakni fisika kurang diminati oleh para generasi muda. Mereka menganggap fisika sebagai mata pelajaran yang sulit dan membosankan.

Maka, sekelompok mahasiswa Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), menciptakan kamus fisika yang praktis dan mudah dipahami bernama Digital Physics Dictionary, yang diperuntukan bagi para pelajar SMP. Kamus yang dibuat oleh Elisabeth Pratidhina Founda Noviani, Ruth Evrilia Oka Mahastri, Atut Reni Septiana, dan Lourensius Dwi Ardi Ranedyo ini berhasil meraih dana DIKTI dalam Program Kreativitas Mahasiswa 2011 pada bidang teknologi.

Menurut Elisabeth, pembuatan kamus ini didasari perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK). “Saat ini di setiap sekolah sudah ada mata pelajaran TIK, sehingga program kami akan semakin menunjang perkembangan TIK,” ujarnya seperti dikutip dari situs UNY, Sabtu (18/6/2011).Metode pembelajaran fisika melalui TIK dan disertai gambar membuat siswa tertarik dan mempermudah siswa untuk memahami istilah dalam pelajaran fisika. Hal ini telah dibuktikan melalui pengujian program di dua SMA di Klaten.

“Kami telah mengujikan Digital Physics Dictionary ini di SMPN 2 Klaten dan SMPN 4 Klaten. Mereka cukup tertarik dan mengapresiasi kamus digital ini dengan baik,” kata seorang anggota lainnya, Ruth.(rfa) http://kampus.okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar